....................


Madiun, 09.27 wib

hem, senin datang lagi...
setelah menghabiskan week end dengan ketemu bunda tercinta... rasanya semangat baru muncul lagi, sedikit disibukkan oleh rutinitas senin pagi,,,,
sedikit mereview kejadian kemarin yang ku alami... dari sisiku pribadi,,,

beberapa hari lalu, ada seorang teman yang bercanda denganku...
niat awalnya hanya sebuah candaan, aku dan temenku menanggapinya sebuah candaan... tapi ternyata ditanggapi lain oleh seorang teman yang lain, dia mengira itu serius...
aku tahu terkadang cara bercandaku untuk sebagian orang sedikit keterlaluan, aku tak pernah begitu serius menanggapi ucapan2 candaan atau gosip-gosip yang ada atau ocehan-ocehan yang ada..., gak ku ambil pusing,,,
tapi terkadang, aku juga sedikit marah dengan candaan itu walaupun aku tahu itu hanya sebatas ocehan gak serius...,

intropeksi diri...,
sebenarnya apa sih yang bikin aku kadang sedikit gak berkenan dengan candaan itu,?
dan ini hasilnya...
pertama, menyangkut hal yang sensitif
penyebab yang paling sering membuatku tiba-tiba gak berkenan ketika ada orang yang hanya bercanda adalah menyangkut masalah sensitif. Masalah sensitif ini macem-macem, tergantung sikon, terkadang ada suatu keadaan dimana aku dihadapkan pada suatu beban masalah, nah... ketika aku sendiri sedang pusing dengan masalah itu ternyata ada orang yang sengaja atau tanpa sengaja menyinggung hal tersebut walaupun dalam konteks candaan... otomatis, aku menjadi tak nyaman dan gak berkenan.
kedua, karena aku memang tak mampu
biasanya ketika ada pembicaraan yang sengaja atau tanpa sengaja menyinggung tentang suatu hal yang tak mampu kulakukan, aku bisa mendadak marah. Mungkin benar marah tanda tak mampu,... aku merasa memang tak bisa atau belum bisa melakukan hal itu hingga aku marah ketika ada yang menyinggungnya...
ketiga, aku memang melakukan kesalahan
aku diam ketika aku tak merasa melakukan hal buruk yang dikatakan orang lain padaku, tapi aku terkadang jadi sedikit tersinggung ketika ada seseorang yang mengatakan sesuatu yang buruk dan aku memang melakukan hal itu.

so, setelah aku tahu beberapa alasan yang bikin aku gak nyaman saat ada orang yang bercanda denganku,... lagi-lagi aku harus belajar satu hal lagi...
lapang dada...
aku harus belajar untuk bisa menerima kesalahan dan ketidakmampuanku dalam banyak hal..., aku tahu bukan malaikat tanpa dosa,,, aku berbohong, aku berkata tak baik, dan banyak kesalahan lain yang kuperbuat... aku juga bukan manusia super yang mampu melakukan apapun, banyak hal yang tak bisa ku lakukan... aku tak mampu menjadi penyelamat seperti petugas pemadam kebakaran, aku tak mampu bernyanyi bagus seperti penyanyi2 profesional, dan banyak hal lain yang tak mampu ku lakukan...
dengan belajar menerima kesalahan dan ketidakmampuanku dalam banyak hal, aku bisa lebih bijak dalam menanggapi celotehan orang-orang itu..., kenapa harus marah dengan keadaan yang sebenarnya,? toh, aku memang seperti itu... tak perlu menutupi kesalahan dan kekuranganku dengan omong besar,,,

"ketika seseorang banyak bicara bukan berarti dia orang yang paling tahu dan bisa segala hal... terkadang begitulah caranya menutupi kelemahannya, dan ketika seseorang sedikit bicara bukan berarti dia tak tahu dan tak bisa apa-apa... keselarasan ucapan dan tindakan seseorang menunjukkan tingkat intelektual seseorang"

Komentar

  1. saya cuma bercanda lo ta,jangan marah...xixixixixi..

    memang bercanda itu liat2 sikon untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan...hehehe

    BalasHapus
  2. hahaha..., hu'um...

    hanya saja kadang kita tak tahu suasana hati orang yang yang sedang kita ajak bercanda,,, hihihi

    BalasHapus
  3. hahaha..iyo..tp kadang ada juga orang yg terlalu sensitif yang dibecandain dikit udah sewot,xixixix

    BalasHapus
  4. betul betul betul, harus liat sifat orangnya dulu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTROVER

WEEKEND... ALUN-ALUN KOTA MADIUN SEASON

WEEKDAYS.... CANDI SADON PART