JUST GIVE UP

Tika Mila, snapshot kamera kantor :D
Madiun,
Oh, my sleeping child the world's so wild  but you've built your own paradise
That's one reason why I'll cover you, sleeping child
MLTR-Sleeping Child 


Perlukah memperjuangkan sesuatu?
Selama ini kita selalu terdoktrin bahwa segala sesuatu itu harus diperjuangkan. Kita tak akan mendapatkan apa yang kita inginkan jika kita tak mau berjuang. Lalu bagaimana jika kita berusaha keras memperjuangkan sesuatu tetapi akhirnya kita tidak mendapatkannya? setidaknya kau telah berusaha yang terbaik. Anggap saja itu bukan milikmu, Allah swt pasti menggantinya dengan yang lebih baik.

Lalu bagaimana jika ternyata kita tak sekuat yang kita kira? Kita tak pernah tahu mana yang milik kita dan mana yang bukan milik kita. Perasaan memiliki yang ada sering membuat kita berjuang terlalu keras untuk mendapatkannya. Jika akhirnya kita jatuh tanpa mampu memilikinya, bohong jika kita tidak kecewa. Pertanyaannya sekarang, siapkah kita dengan perasaan ini? Perasaan gagal, kecewa, bahkan bisa sampai putus asa. Jika kita siap dengan semua perasaan itu, maka tidak akan menjadi masalah untuk kita berjuang. Tapi jika kita tidak siap, apa yang harus kita lakukan? Menyerah? Tak ada yang mengajari kita untuk menyerah. Apakah menyerah berarti salah? kalah? Tentu saja bagiku tidak. Menyerah adalah salah satu jenis pertahanan diri. Masing-masing dari kita memiliki manajemen hati yang berbeda. Teruslah berjuang semaksimal mungkin, tapi jika akhirnya kau merasa lelah dan khawatir pertahanan hatimu tak sekuat keinginanmu, menyerahlah. Berhentilah memperjuangkan apa yang sebenarnya bukan milikmu. Setelah kau selesai dengan istirahatmu, kembalilah dari awal. Tentukan strategi baru. Jika kau tak yakin bisa menerima kegagalan setelah perjuangan, menyerah adalah jalan terbaik untuk menjaga dirimu. Lepaskan keinginanmu. Biarkan keinginanmu menjadi milik orang lain. Jangan biarkan kita putus asa karena terlalu lama berjuang, menyerahlah. Biarkan hatimu tertata. Biarkan hatimu yakin bahwa kau akan baik-baik saja. Menyerah bukan berarti putus asa. Menyerah hanya strategi kita untuk menguatkan apa yang sebenarnya milik kita dan bukan milik kita.

Tidak semua hal bisa kita perjuangkan. Kita hanya perlu jeli melihat sesuatu. Yakinkah kita sesuatu itu milik kita atau bukan. Kenali kemampuan kita sendiri, jangan sampai kita terperangkap dan terjatuh pada keputusasaan disaat kita telah memperjuangkan sesuatu. Just protect yourself with your own way....






Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTROVER

WEEKEND... ALUN-ALUN KOTA MADIUN SEASON

WEEKDAYS.... CANDI SADON PART