FRIDAY's CORNER

Madiun,
Jam istirahat siang...

Mentari... Maukah kau bersahabat denganku,
Maukah kau menjagaku dari kegelapan...
Maukah kau menjadi saksiku hari ini...

Kantor sepi... tentu saja, karena ini hari Jumat dan jam istirahat. Sebentar lagi hari keuangan, tanggal 30 Oktober. Tadi pagi ada final lomba voli antar kementerian keuangan di Madiun. Tim Voli KPKNL Madiun vs KPP Pratama Ngawi. Menyempatkan sebentar kasih semangat, meskipun kalah tidak apa. Kalian sudah berusaha yang terbaik ^.^

Ingat kata-kata dari drama jepang yang kutonton semalam "sometimes the best gain is to lost" terkadang kemenangan terbaik adalah kekalahan. Ada benarnya juga. Kita sering mendapatkan pelajaran yang jauh lebih berharga dengan kekalahan daripada kemenangan. Seringkali kita merasa tidak adil dengan kekalahan. Kita merasa sudah berusaha keras, sudah banyak hal kita korbankan untuk mendapatkan kemenangan. Tapi di sisi lain, lawan kita pun sebenarnya juga melakukan hal yang sama. Semua orang berusaha, semua orang memiliki perjuangannya sendiri. Kita tak pernah tahu seberapa besar mereka berjuang, seberapa besar mereka berkorban. Bisa jadi mereka lebih dulu berjuang disaat kita masih bersantai, bisa jadi mereka lebih banyak berkorban di saat kita masih belum melakukan apa-apa. Kita hanya perlu melihat 'proses' yang ada, bukan 'hasil' yang didapatkan.

Keinginan, kemauan, kesungguhan, dan kemampuan....
Setiap dari kita diberi keempat faktor tersebut. Ketika kita memiliki suatu keinginan, harus diikuti kemauan. Mau tidak kita memperjuangkan hal itu. Jika kita mau memperjuangkannya, seberapa besar kesungguhan kita dalam berjuang. Apabila memang kita bersungguh-sungguh, faktor terakhir adalah kemampuan. Apakah kita bisa membangunkan seluruh kemampuan yang tersimpan dalam diri kita, atau kita hanya akan membiarkannya tertidur selamanya. Setiap manusia, diciptakan dengan kemampuan untuk menang. Untuk bisa menang, lawan yang harus kita hadapi adalah diri kita sendiri. Apabila kita bisa memenangkan diri kita sendiri, percayalah... kita tidak perlu menghadapi siapapun lagi.

Mentari... Masihkah kau bersahabat denganku,
Jika aku enggan menyapamu hari ini.... 
Jika aku ingin kau meredupkan sinarmu hari ini....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTROVER

WEEKEND... ALUN-ALUN KOTA MADIUN SEASON

WEEKDAYS.... CANDI SADON PART