WEEKDAYS.... CANDI SADON PART

candi sadon
Madiun,
Menikmati kesendirian di bilik 2 x 2.4 meter


Oke, karena kali ini iseng buka-buka file lama dan nemu foto 2 tahun lalu terus jadi pengen nulis. Kalau tidak salah, waktu itu dapat tugas menghadiri persidangan perkara perdata di Pengadilan Negeri Magetan. Salah satu cara menikmati pekerjaanku adalah sambil menyelam minum air. Sambil melaksanakan tugas kantor, menjelajah indahnya negeri ini.

kepala candi mirip reog
Bermula dari sebuah papan penunjuk arah bertuliskan 'Candi Sadon' akhirnya meminta tolong driver yang mengantarku bertugas untuk mencari lokasi candi tersebut. Lokasinya lumayan mudah dicari. Setelah bertanya pada penduduk setempat, akhirnya ketemu juga. Tidak seperti candi yang ada dalam bayanganku, Candi Sadon ini lokasinya sangat sederhana sekali. Terletak di sebelah halaman rumah warga, tepatnya di Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Jalan masuknya juga hanya jalan masuk layaknya ke rumah warga. Tidak terlalu lama di candi ini, hanya beberapa menit saja. Awalnya agak kebingungan mau masuk ke arena candi karena dibatasi pagar kawat. Untungnya ada penduduk sekitar yang tengah memanjat pohon kelapa, dan bertanya apakah kita diperbolehkan masuk ke lingkungan candi. Alhamdulillah diijinkan, dan kebetulan tidak dikunci sehingga aku bisa melihat lebih dekat.

tampak dari jalan
Pertamanya agak was-was, karena memang aku merasa agak mistis. Sedikit takut-takut untuk masuk, bahkan untuk mengambil foto juga agak takut-takut. Jiaaah, dasar penakut :-P hanya ada 4 foto yang berhasil kudokumentasikan. Candi Sadon ini juga dikenal sebagai Candi Reog. Waktu aku ke sana, kesan pertama adalah candi ini seperti tumpukan batu yang disusun sedemikian rupa. Dibandingkan dengan candi-candi yang pernah kukunjungi, candi ini sangat sederhana. Yang menonjol adalah kepala yang menyerupai Reog yang terletak di tengah. Sedangkan kiri kanannya berupa tumpukan batu-batu. Ada beberapa prasasti dengan tulisan yang tidak begitu kelihatan. Aku sempat berpikir, mungkin candi ini adalah sisa reruntuhan atau bisa jadi ada seseorang yang membawanya dari suatu tempat ke tempat ini. Selain kepala reog yang menonjol, ada semacam pintu masuk seperti gerbang masuk dengan dua patung di sisi kiri dan kanan. 

Tidak banyak informasi yang didapat tentang sejarah Candi Sadon ini. Meskipun begitu, candi ini telah ditetapkan sebagai situs suaka purbakala. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang candi ini, bisa dibaca disini (kepustakaan candi) atau disini (stanley wijaya/fakta kita). Last... Happy Weekdays... Mari bekerja dengan penuh keikhlasan, dan jangan lupa terus belajar dimanapun, kapanpun.... ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTROVER

WEEKEND... ALUN-ALUN KOTA MADIUN SEASON